OCTONEWS-Masyarakat Arab Saudi merasa kecewa dan marah setelah Timnas Arab Saudi hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Timnas Indonesia pada matchday pertama Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, pada 6 September 2024, memperlihatkan Arab Saudi yang diunggulkan secara peringkat FIFA (posisi 56) gagal meraih kemenangan melawan Indonesia, yang berada di peringkat 133.

Timnas Indonesia sempat unggul lebih dulu melalui gol Ragnar Oratmangoen pada menit ke-19, namun Arab Saudi menyamakan kedudukan lewat gol Musab Al-Juwayr di akhir babak pertama, membuat sekor imbang.

Meskipun Arab Saudi memiliki banyak peluang emas, penampilan solid Maarten Paes dan rekan-rekannya membuat mereka tidak mampu mencetak gol tambahan.

Skor 1-1 bertahan hingga laga usai, berkat penampilan Skuad Garuda yang luar biasa dan kepiawaian Paes di bawah mistar gawang memberikan hasil yang memuaskan.

namun hasil ini memicu reaksi negatif dari masyarakat Arab Saudi, dan menyampaikan kekecewaannya mereka melalui media sosial.

Beberapa bahkan meminta pelatih Roberto Mancini untuk dipecat, dengan banyak yang tak percaya bahwa Arab Saudi hanya bisa imbang melawan Indonesia.

Kritik juga muncul terkait banyaknya pemain Indonesia yang bermain di Eropa dan kualitas yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Di sisi lain, hasil imbang ini meningkatkan kepercayaan diri Timnas Indonesia yang selanjutnya akan menghadapi Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 10 September 2024. Sementara, pertandingan selanjutnya Arab Saudi akan menghadapi China.