OCTONEWS-Kabar duka datang dari Dunia Bulu Tangkis, Zhang Zhi Jie Atlet Tunggal Putra asal China Terjatuh Pingsan saat Tengah berlaga dalam kompetisi Badminton Asia Junior Championship (BAJC) 2024 di Yogyakarta, Minggu (30/6/2024).

Sebelumnya China dan Jepang tengah bersaing menjadi juara Grup D, dua negara lain yang di grup D adalah Singapura dan Hong Kong. di pertandingan pertama dan kedua, kedua negara berhasil imbang.

Pada laga ketiga Pemain kelahiran 30 Januari 2007 sedang Bertanding melawan pemain asal Jepang Kazuma Kawano. Ketika hendak menerima servis dari Kawano, Zhang Zhi Jie terjatuh dan kemudian tengkurap di lapangan. Badannya sempat terlihat kejang, hal itu terjadi pada skor 11-11.

Setelah terjatuh di lapangan sang pelatih sempat masuk kelapangan namun tak bisa berbuat apa-apa, pertolongan medis datang sekitar 40 detik kemudian dan langsung memberi bantuan. Zhang Zhi Jie kemudian bawa menggunakan tandu ke luar lapangan dan di larikan ke rumah sakit.

Sesuai Peryataan yang disampaikan Badminton Asia dan PP PBSI pada Senin (1/7/2024) dini hari, Zhang Zhi Jie pingsan di lapangan dan dilarikan ke rumah sakit namun nyawanya tak tertolong sehingga Zhang Zhi Jie meninggal dunia pada pukul 23.20 WIB.

”Zhang dirawat oleh dokter turnamen dan tim medis. Dia dibawa dengan ambulans siaga dalam waktu kurang dari dua menit untuk dilarikan ke rumah sakit. Zhang Zhi Jie meninggal pada Minggu (30/6/2024) pukul 23.20 WIB,” pernyataan dari Badminton Asia dan PP PBSI.

“Zhi Jie sedang memainkan pertandingan penyisihan grup melawan Jepang ketika dia pingsan dan dirawat oleh dokter turnamen dan tim medis. Dia dibawa dengan ambulans siaga dalam waktu kurang dari dua menit untuk dilarikan ke rumah sakit,” tulis dalam pernyataan tersebut

“Badminton Asia, PBSI dan Panitia Penyelenggara turut berduka cita dan menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada orang tua Zhang, keluarga dan Asosiasi Bulutangkis China (CBA). Dunia bulutangkis kehilangan pemain berbakat,” lanjut pernyataan resmi itu.

Zhang Zhi Jie merupakan pemain tunggal putra masa depan China, Prestasinya di kategori junior juga cukup membanggakan. Pada 2023, Zhang Zhi Jie meraih juara tunggal putra Asia Junior U-17.

Zhang Zhi Jie menjadi pemain Tiongkok ketiga yang berhasil meraih gelar U-17 setelah Zhang Sheng pada 2006 dan Shi Yuqi pada 2012.

Pada ajang Yonex Dutch Junior International 2024 yang digelar Februari 2024, Zhang Zhi Jie juga sukses merebut gelar juara seusai mengalahkan rekan senegaranya Hu Hze An. Kepergiannya saat bertanding membela China di BAJC 2024 sangat mengejukan dunia bulu tangkis.

Pertandingan AJC berlangsung di Yogyakarta sejak 28 Juni sampai 7 Juli mendatang. Untuk kategori beregu dipertandingkan lebih awal hingga 2 Juli. Setelah itu dilanjutkan pertandingan kategori perorangan.