OCTONEWS-Hasil pertandingan Timnas Indonesia melawan Timnas Qatar U-23 yang berlansung di Jassim Bin Hamad Stadium, Al Rayyan, Doha, Qatar Senin, (15/4/2024).
berakhir dengan hasil 2-0 Untuk Tuan Rumah. Lewat gol penalti oleh Khaled Ali pada menit 45+1 dan Ahmed Al Rawi pada menit 54.

Pertandinga tersebut di warnai dengan keluarnya 2 kartu merah yang dilayangkan pada pemain timnas Indonesia yaitu Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta. yang membuat fans Indonesia marah.

Pasalnya selama pertandingan berjalan wasit Nasrullo Kabirov diduga menguntungkan salah satu pihak, yakni tim tuan rumah, Mebuat netizen Indonesia marah dan kesal dengan wasit tersebut.

Salah satunya adalah saat memberikan penalti kepada Qatar setelah Rizky Ridho dinilai melakukan pelanggaran kepada Mahdi Salem di kotak penalti.
Kabirov menganggap Ridho melakukan pelanggaran kepada Salem dan memberikan penalti untuk tuan rumah.

Adapun kartu merah yang di keluarkan untuk Ivar Jenner membuat suporter indonesia geram.
Sang gelandang Utrecht sebelumnya sudah mendapat kartu kuning di menit ke 14, dan kembali mendapat kartu kuning ke 2 yang otomatis kartu merah, karena dinilai menginjak kaki bek Qatar, Saifeldeen Hassan Fadlalla pada menit ke-46.

Banyak yang berpendapat bahwa kartu merah tersebut tidak layak diberikan, pasalnya Jenner hanya mengejar bola dan terlihat melompat untuk menghindari pemain tim lawan membuat terjadi sedikit kontak badan.

Akibat kartu merah tersebut, Jenner terpaksa keluar lapangan menjadikan Skuad Garuda harus bermain dengan 10 orang di sisa pertandingan.

Sedangkan saat pemain Qatar Saifeldeen Hassan terlihat melakukan pelanggaran terhadap Witan Sulaeman.
Wasit sempat akan mengeluarkan kartu merah, namun batal, pemain Qatar itu hanya mendapat kartu kuning.
Itu membuat pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Meradang.

Pada pertengahan babak kedua, ketika Marselino Ferdinan dengan jelas didorong oleh pemain bernomor punggung 5, Al Hashimi Moh Saldin, tak dianggap sebuah pelanggaran oleh wasit 38 tahun itu.

Menurut pelatih Timnas Indoneisa, Shin Tae-yong, banyak keputusan wasit asal Tajikistan, Nasrullo Kabirov yang merugikan anak asuhnya. keputusan wasit yang paling disoroti Shin Tae-yong adalah kartu merah yang diberikan kepada Ivar Jenner pada awal babak kedua.

“Itu bukan pertandingan sepak bola, ini sebuah pertunjukan komedi dan sangat berlebihan,” ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

“Saya tidak bisa mengatakan apapun tentang pemain yang kena kartu merah, saya kehabisan kata-kata. Sepak bola tidak seharusnya dimainkan seperti ini,” sambungnya

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sudah mengambil langkah protes, PSSI sudah bersurat dengan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), atas masalah tersebut.

“Resmi sudah kami masukkan,” ujar Erick Thohir kepada media pada Selasa (16/4/2024).

“Setelah pertandingan (surat protes dikirim PSSI),” lanjutnya.