OCTONEWS-Dalam perebutan tempat ketiga Piala AFF U-16 di Stadion Manahan, Solo, pada Rabu (3//7/2024) sore WIB, Timnas Indonesia U-16 membantai Timnas Vietnam U-16 dengan lima gol tanpa balas.

Setelah sebelumnya Timnas Indonesia kalah melawan Australia untuk mendapatkan tiket kebabak Final dengan skor 3-5. Garuda Jaya kembali berlaga melawan Vietnam untuk Memperebutkan gelar juara 3.

Tim merah putih Junior berhasil meraih kemenangan telak 5-0 atas Vietnam, Lima gol di cetak oleh Zahaby Gholy pada menit ke-45 dan ke-78, Dafa Zaidan pada menit ke-45+4, serta Daniel Alfrido pada menit ke-76 dan ke-82,

Pada babak pertama Indonesia unggul 2-0 atas Golden Star Warriors, Gol pertama diciptakan oleh Gholy pada menit ke-45 meneruskan umpan terobosan dari tengah. Disusul gol kedua oleh Dafa dengan tendangan keras dari luar kotak penalti.

Dibabak ke dua Vietnam mulai menekan pemain Indonesia. Namun Indonesia kembali unggul dengan aksi individu Daniel Alfrido yang mencatatkan namanya di papan skor di menit ke ke-75.

Tak berselang lama Gholy menciptakan gol keempat untuk Indonesia setelah menerima umpan tarik dari Mierza Fijartulla.

Daniel membawa Indonesia menjauh dari Vietnam dengan mencetak gol ke 5 pada menit ke-82. Umpan matang dari Mierza bisa diselesaikan dengan sukses oleh Daniel.

Hingga laga usai, tidak ada penambahan gol dari kedua tim, dengan skor akhir 5-0 Indonesia keluar sebagai pemenang.

Dengan hasil ini, Indonesia berhasil meraih peringkat ketiga terbaik di Piala AFF U-16 untuk ketiga kali. Sebelumnya Indonesia finis ketiga pada 2019 dan 2002.

Sementara untuk gelar juara AFF U-16 diraih oleh Australia lewat drama adu penalti karena hasil pertandinga draw.

Susunan Pemain

Indonesia: Dafa Al Gasemi; Dafa Zaidan, Ida Bagus Putu Cahya, I Putu Panji Apriawan, Andi Faith Jamaludin, Fabio Azkairawan; Lucas Lee, Tristan Raissa, Zahaby Gholy; Josh Holong (Mierza Firjatullah 60), Fandi Ahmad (Daniel Alfrido 46)

Vietnam: Xoa Hua Tin; Nguyen Manh Cuong, Nguyen Hong Quang, Le Tan Dung, Pham Duy Long, Tran Dong Thuc; Nguyen Thai Hoa, Chu Ngoc Nguyen, Bui Duy Dang; Tran Thanh Binh, Nguye Thai Hieu