OCTONEWS-Fu Bao panda raksasa pertama yang lahir tahun 2020 di Korea Selatan dari pasangan panda Ai Bao dan Le Ba ini, membuat sedih warga Korea Selatan karena harus pulang ke kampung halamannya di China.

Presiden Tiongkok Xi Jinping pada Maret 2016, mengirimkan pasangan panda raksasa Ai Bao dan Le Bao sebagai simbol persahabatan Korea dan Tiongkok. dengan pinjaman selama 15 tahun.

Fu Bao merupakan keturunan pertama dari pasangan panda raksasa tersebut, lahir pada tahun 2020, panda itu mampu memikat hati masyarakat Korea Selatan dan menarik ribuan pengunjung setiap harinya ke taman hiburan tempat ia tinggal, Everland.

Hewan lucu itu di beri nama Fu Bao, yang berarti “harta yang beruntung” dalam bahasa Tionghoa. Fu Bao berada di Panda World, Everland, Korea Selatan selama nyaris empat tahun lamanya, panda itu di asuh oleh Kang Cher-won sejak kecil, ia biasa dipanggil Kakek Kang.

Fu Bao akan kembali ke ke kampung halamannya pada awal April, hal ini di lakukan sebagai bagian dari kesepakatan internasional bahwa anak panda raksasa yang lahir di luar negeri harus pindah ke China untuk dikembangbiakkan sebelum berusia empat tahun.

Secara umum, panda adalah milik Tiongkok, Namun panda yang dipinjamkan ke negara lain dalam program diplomatik panda atau untuk tujuan penelitian dan konservasi juga masih menjadi milik Tiongkok. Setiap anak panda yang lahir di luar negeri harus dikembalikan ke China pada rentang usia dua sampai empat tahun. 

China telah meluncurkan strategi diplomatik yang unik yang dikenal sebagai “Diplomasi Panda”. Nama ini merujuk pada praktik pemberian atau pinjaman panda kepada negara-negara lain sebagai alat diplomasi, yang pada dasarnya merupakan simbol dari hubungan yang baik antara China dan negara penerima.

Warga Korea Selatan yang berkerumun saat mengantar kepulangan sang panda dengan diiringai tangis kesedihan karena harus berpisah dengan binatang yang lucu tersebut.

Di tengah guyuran hujan truk yang membawa Fu Bao keluar dari kebun binatang Everland, Yongin, Korea Selatan untuk kembali ke China. Panda raksasa adalah spesies liar berharga yang terancam punah dan dicintai oleh orang-orang di seluruh dunia.

Panda raksasa Fu Bao telah mendarat di Chengdu, Provinsi Sichuan, pada Rabu, 3 maret 2024 malam waktu setempat.

Setelah pemeriksaan oleh bea cukai di Bandar Udara Internasional Shuangliu Chengdu, Fu Bao akan dipindahkan ke basis penangkaran panda raksasa Shenshuping di Cagar Alam Nasional Wolong di Sichuan untuk dikarantina.

“Kami akan menentukan kapan Fu Bao diperkenalkan ke publik berdasarkan adaptasinya. Dilihat dari pengalaman sebelumnya, periode adaptasi dapat berkisar dari satu bulan hingga delapan bulan, atau bahkan lebih,” ujar Li Guo, Wakil Direktur Basis Panda Raksasa Shenshuping.