OCOTONEWS- Taiwan3 April 2024 – Gempa bumi dengan magnitudo 7,5 mengguncang Taiwan pagi ini. menyebabkan Sejumlah bangunan ambruk dan beberapa orang dilaporkan terjebak di reruntuhan.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa ini berkekuatan 7,4 M terjadi sekitar pukul 07:58 waktu setempat dengan episenter terletak di sekitar 18 kilometer selatan-barat daya Kota Hualien, Taiwan dan kedalaman 34,8 km.

Sedangkan Badan Cuaca Pusat Taiwan melaporkan gempa tersebut berkekuatan 7,2 skala Richter, pada kedalaman 15,5 km di lepas pantai timur Taiwan. Ini adalah gempa terkuat yang melanda pulau tersebut dalam 25 tahun terakhir.

Gempa Bumi ini mengakibatkan beberapa bangunan roboh salah satunya gedung berlantai lima di Kota Hualien, tampak rusak berat di Lantai pertama sehingga gedung miring 45 derajat.

Dampak gempa itu juga membuat terputusnya akses internet dan Layanan kereta api dihentikan usai gempa. Dikabarkan 700 orang alami luka luka dan masih ada beberapa orang terjebak direruntuhan.

Getaran Gempa Taiwan ini turut di rasakan oleh negara Jepang, China, dan Filipina. selain itu gempa berpotensi memicu tsunami.

Pemerintah Jepang mengeluarkan peringatan evakuasi untuk wilayah pesisir di prefektur selatan Okinawa. dan memutuskan menghentikan sementara waktu operasional Bandara Naha. pemerintah akan mengalihkan penerbangan ke daerah Okinawa selama peringatan tsunami berlangsung.

Sebelumnya Taiwan pernah mengalami tragedi gempa bumi dahsyat pada tahun 1999 di Jiji, gempa berkekuatan magnitudo 7,6 menewaskan sekitar 2.400 orang juga menghancurkan dan merusak 50.000 bangunan.