OCTONEWS-Jepang keluar sebagai juara Piala Asia U-23 2024 setelah mengalahkan Uzbekistan dengan skor 1-0 pada final di Stadion Jassim bin Hamad, Jumat (3/5/2024) waktu setempat.

Sebelumnya, Jepang berhasil lolos ke babak final setelah mengalahkan Irak dengan skor 2-0, dan Uzbekistan menang atas timnas U-23 Indonesia dengan skor sama yaitu 2-0.

Di awal pertandingan Uzbekistan sudah menebar ancaman dan membuat Jepang tidak leluasa. Tetapi sampai babak pertama selesai tidak ada poin yang di ciptakan oleh kedua tim.

Di babak kedua masing-masing tim bermain ketat, namun Jepang berhasil memecah kebuntuan pada masa injury time lewat tendangan keras dari luar kotak penalti oleh Fuki Yamada (90+1′).

Gol cantik yang diciptakan Yamada melaju mulus ke pojok kiri bawah Uzbekistan tanpa bisa dihalau oleh kiper Abduvohid Nematov. Dan untuk pertama kalinya Uzbekistan kebobolan gol selama laga turnamen berlangsung.

Pada menit ke-90+7′ Uzbekistan mendapatkan Hadiah Penalti oleh wasit Mooud Bonyadifard setelah memeriksa Video Assistant Referee (VAR) pemain Jepang, Hiroki Sekine di anggap melakukan hansball di kotak terlarang.

Umarali Rakhmonaliev maju untuk menjadi eskekutor, akan tetapi kesempatan penalti tersebut gagal di manfaatkan Rakhmonaliev karena bola berhasil ditepis kiper Leo Kokubo.

Hal itupun memastikan Jepang Keluar sebagai pememang di turnamen AFC U 23 2024, sementara Uzbekistan harus puas diposisi runner-up.

Susunan pemain:
Jepang (4-2-3-1): Kokubo, Kimura, Ohata, Takai, Sekine, Yamamoto, Fujita, Matsuki, Fujio, Hosoya, Sato

Uzbekistan (4-2-3-1): Nematov; Mirsaidov, Hamraliev, Davronov, Yuldoshev; Boriyev, Holmatov; Jiyanov, Jaloliddinov, Odilov; Norchaev