OCTONEWS-Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menyita dua mobil mewah milik Harvey Moeis saat menggeledah kediamannya di Pakubuwono, terkait ditetapkannya sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah 2015-2022.

Penyidik menggeledah kediaman Harvey yang berlokasi di apartemen The Pakubuwono, Jakarta Selatan, senin (1/4). penggeledahan tersebut terkait dengan dugaan korupsi tata niaga komoditas timah di wilayah IUP PT Timah Tbk (TINS).

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung RI, Ketut Sumedana mengatakan bahwa Kejagung telah melakukan penyitaan terhadap barang bukti mulai dari elektronik hingga sejumlah dokumen yang terkait dengan kasus tersebut.

“Dari penggeledahan tersebut, Tim Penyidik berhasil melakukan penyitaan terhadap barang bukti elektronik, kumpulan dokumen terkait,” katanya dalam keterangan, Selasa (2/4/2024).

Selain itu pihaknya juga telah menyita dua mobil mewah saat melakukan penggeledahan di rumah suami artis sandra dewi.

“Serta 2 buah unit mobil mewah yaitu 1 unit mobil Mini Cooper S Countryman F 60 berwarna merah dan 1 unit mobil Rolls Royce berwarna hitam,” tambahnya.

Dua mobil mewah yang di sita Kejagung ialah Rolls-Royce dan Mini Countryman, mobil tersebut di ketahui adalah hadiah ulang tahun dari Harvey Moeis kepada istrinya Sandra Dewi.

Ketika merayakan ulang tahun ke-40 pada Agustus 2023 lalu, Sandra Dewi mendapatkan kado mewah berupa mobil Rolls-Royce.

Sandra Dewi mengunggah vidio Srories diakun Instagram Pada perayaan ulang tahun yang bertemakan Barbie, dia mendapatkan kado mobil mewah asal Inggris berpelat nomor dengan inisial SDW.

Mobil yang di berikan sang suami adalah Rolls-Royce Ghost Extended Wheelbase tahun 2013 bermesin 6.592 cc. mobil mewah yang dibanderol US$ 402.250 atau Rp 6,3 miliar, jika masuk ke Indonesia harga mobil tersebut bisa lebih mahal.

Sedangkan MINI Countryman berwarna merah yang disita Kejagung. Mobil ini sama seperti yang pernah diunggah Sandra Dewi di Instagram Stories-nya beberapa waktu lalu.

“Finally, setelah menikah 6thn akhirnya wish aku ke suami terkabul, aku mau mobil yg ‘manusiawi’ yg bs aku setir karena semua mobil Pak HM ga ada yg manusiawi buat aku dan ga bs aku setir semua,” tulis sandra di unggahannya

MINI Countryman yang dihadiahkan Harvey Moeis adalah tipe Cooper S Countryman yang dibekali mesin 2.000 cc TwinPower Turbo bertenaga 192 daya kuda dengan torsi maksimal 280 Nm. Harga MINI Cooper S Countryman diperkirakan Rp 994 juta.

sebelumnya, Kejagung sudah menetapkan 16 tersangka dalam kasus dugaan korupsi tata niaga timah di IUP PT Timah. yang menyebabkan kerugian ekologis atas kasus korupsi ini mencapai Rp271 triliun. Nilai kerusakan lingkungan terdiri dari tiga jenis yakni kerugian ekologis sebesar Rp183,7 triliun, ekonomi lingkungan sebesar Rp74,4 triliun dan terakhir biaya pemulihan lingkungan mencapai Rp12,1 triliun.