OCTONEWS-Pertandingan timnas Indonesia kontra Korea selatan U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Kamis (25/4/) malam atau Jumat (26/4/) dini hari WIB, berlangsung selama 90 menit plus extra time 30 menit dan berakhir imbang dengan skor 2-2.

Pada awal Laga Timnas Indonesia vs korea selatan, Skuad Garuda mampu unggul lebih dulu lewat tendangan jarak jauh yang memukau dari Rafael Struick di menit ke-15.

Taegeuk Warriors mengimbangi skor 1-1, lewat gol bunuh diri dari Komang Teguh. karena Sundulan Eom Ji Sung mengenai kepala Komang Teguh lalu bola masuk ke gawang Indonesia pada menit ke -45+3.

Gol pertama sebenarnya di lakukan oleh Korsel di menit ke-8 melalui sepakan keras Lee Kang Hee, namun VAR turun tangan karena ada pemain offside. Dan Wasit Shaun Evans menyatakan tidak ada gol lantaran offside.

Tim Merah Putih kembali mencetak skor pada menit ke-45+3 oleh Struick membuat Indonesia unggul 2-1 pada injury time sebelum turun minum.

Pada menit ke-68 Young Jun dikenakan kartu merah karena melakukan pelanggaran ke Justin Hubner. membuat Korea Selatan harus bermain dengan 10 orang.

Di babak ke 2 tim Korea Selatan berhasil menyamakan skor enam menit menjelang akhir waktu normal melalui Jeong Sang-bin yaitu pada menit ke 84. kedudukan sama 2-2 sampai babak ke 2 berakhir.

Kedudukan sama menjadi 2-2 sampai babak ke 2 berakhir. mengharuskan penambahan waktu 30 menit. Namun extra time tidak mengubah hasil pertandingan, alhasil adu penalti pun dilakukan.

Tim asuhan Shin Tae Yong Sukses menaklukkan Korea Selatan lewat adu penalti 11-10. Saat Pratama Arhan yang menjadi penentu kemenangan berhasil menerobos gawang Korsel J. Baek.

Indonesia memastikan diri lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dan Laga akan di lakukan pada Senin (29/4) di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha.

Tim yang akan dihadapi Timnas Indonesia U-23 adalah pemenang dari pertandingan antara Uzbekistan lawan Arab Saudi yang akan berlangsung pada malam ini, Jumat (26/4), mulai pukul 21.00 WIB.

Kemenangan bersejarah ini membuat Skuad Garuda U-23 berpeluang lolos ke Olimpiade Paris 2024. Tiga tim teratas juara Piala Asia U-23, (juara Piala Asia U-23, runner up, dan peringkat ketiga) akan secara otomatis lolos ke pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Susunan Pemain Indonesia vs Korea Selatan:

Timnas Indonesia U-23: Ernando Ari Sutaryadi; Rizky Ridho, Komang Teguh, Justin Hubner; Ilham Rio Fahmi, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Rafael Struick, Marselino Ferdinan

Timnas Korea Selatan U-23: Baek Jong Bum; Byun Jun Soo, Cho Hyun Taek, Hwang Jae Won, Hong Si Hoo, Lee Kang Hee, Paik Sang Hoon, Eom Ji Sung, Kang Seong Jun, Lee Tae Seok, Kim Dong Jin