OCTONEWS-Pertandingan final Piala AFF U19 2024 antara timnas U19 Indonesia melawan Thailand yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Senin (29/7/2024). Indonesia sukses mengalahkan Thailand dengan skor 1-0.

Lewat Jens Raven yang memanfaatkan sepak pojok dari Muhammad Kafiatur. Raven memanfaatkan bola sontekan kepala Kadek Arel di menit ke-18, dan berhasil meraih poin di babak pertama.

Indonesia unggul di babak pertama dan hingga babak kedua berakhir tidak skor tidak berubah. Gol tunggal yang di cetak Raven membawa Timnas Indonesia U19 meraih Juara Piala AFF U19 2024

Kemenangan ini menjadi gelar ke dua Indonesia di bawah asuhan Indra Sjafri. Sebelumnya di bawah bimbinganya Skuad Garuda menjadi juara di ajang ini pada 2013.

Thailand U-19 harus berpuas diri diperingkat kedua, sementara peringkat ketiga diduduki oleh Timnas Australia U-19 setelah menang lewat adu penalti melawan Malaysia.

Selain menjadi Juara Piala AFF U-19 2024, Kapten Garuda Nusantara, Dony Tri Pamungkas, terpilih sebagai pemain terbaik.

Sementara Ikram Algiffari dianugerahi gelar penjaga gawang terbaik dan Top skor gagal didapat Jens Raven karena selisih satu poin dengan pemain Australia yaitu Jake Najdovski, yang mencatak lima gol.

Susunan Pemain :

Timnas Indonesia
Indonesia U-19 (3-4-3): IkramAlgiffari (PG);Alfharezzi Buffon,Kadek Arel Priyatna, Iqbal Gwijangge; M Mufli Hidayat, Welber Jardim, Muhammad Kafiatur, Dony Tri Pamungkas; Arlyansyah Abdulmanan, Jens Raven, M Riski Afrisal

Timnas Thailand
Thailand U-19 XI: Kittipong Bunmak (PG); Singha Marasa, Pikanet Laohawiwat, Jhetsaphat Khuantanom, Piyawat Petra, Pakawat Taengoakson; Thanawut Phochai, Thanakrit Chotmuangpak, Siradanai Phosri, Phongsakon Sangkasopha; Caelan Tanadon Ryan.