angin puting beliung menerjang sejumlah tempat di Kabupaten Bandung dan Sumedang, Jawa Barat. Angin puting beliung merusak berbagai lingkungan di daerah sekitar.

Pusaran angin kencang menerjang wilayah perbatasan Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Rabu sore, 21 Februari 2024. Warga sekitar lokasi sempat panik hingga berlarian menyelamatkan diri ke tempat aman. 

Ratusan rumah dan bangunan pabrik di kawasan industri Jatinangor rusak parah tersapu angin. Bagian atap bangunan berterbangan dan sejumlah truk yang parkir di kawasan industri terbalik akibat tersapu pusaran angin.

Angin puting beliung juga menerjang kawasan Bandung Timur pada Rabu sore. Belasan kios yang berada di pinggir Jalan Raya Rancaekek Kabupaten Bandung porak poranda hingga hampir rata dengan tanah akibat diterjang pusaran angin.

Sejumlah pohon berukuran besar di pinggir jalan juga roboh hingga menutupi bagian jalan dan menghambat arus lalu lintas dari arah Bandung ke Garut dan sebaliknya.

Salah seorang pedagang kios, Ipah mengaku pusaran angin kencang datang sekitar pukul 16.00 WIB usai kawasan tersebut diguyur hujan deras. Ia hanya bisa pasrah saat kiosnya diterjang angin puting beliung.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mencatat ada lebih dari 500 rumah warga di Rancaekek, Kabupaten Bandung, yang mengalami kerusakan akibat angin puting beliung.

Meski tidak ada korban jiwa, namun ada lebih dari 20 warga yang terluka akibat terkena puing bangunan yang terbawa pusaran angin. Sebanyak 422 kepala keluarga kini terpaksa mengungsi ke rumah tetangga dan kerabatnya yang tidak mengalami kerusakan.

Petugas gabungan pun terus membantu warga membersihkan rumah yang rusak akibat terjangan angin puting beliung.