OCTONEWS-Indonesia tengah bersuka cita karena berhasil menang atas Korea Selatan dan lolos ke semifinal  AFC Asian Cup U-23, Laga berlangsung pada Senin (29/4/2024).

Di babak semifinal Timnas Indonesia akan menghadapi Uzbekistan, yang di jadwalkan akan di gelar Senin (29/4) di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Qatar.

Namun, pihak MNC Group selaku pemegang hak siar Piala Asia U-23 2024 di Indonesia melarang acara nonton bareng (nobar) yang berkaitan dengan AFC Asian Cup U-23 tanpa izin resmi pihaknya. Dan bagi yang melanggar akan terancam pidana.

“Bahwa hanya MNC Group dan/atau AFC yang mempunyai hak untuk menggunakan dan/atau mengasosiasikan lambang/logonya bersama dengan lambang resmi, maskot, tropi AFC U-23 Asian Cup 2024 di wilayah Indonesia,” tulis surat resmi dikutip dari situs RCTI+, Minggu (28/4).

Pengumann tersebut membuat para pencinta sepak bola tahan air kecewa dan melayangkan protes keras kepada MNC Group.

Akan tetapi pihaknya menjelaskan jika kegiatan nonton bareng (nobar) Piala Asia U23 Indonesia kontra Uzbekistan diperbolehkan selama tidak dipungut biaya kepada penonton, serta tak beriklan atau menerima sponsor dari pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan (Non-Komersil).

Tentu, keputusan MNC Group ini bukan tanpa pertimbangan. mereka secara tegas menegaskan bahwa acara nobar tersebut tidak boleh dimonetisasi atau dimanfaatkan untuk keuntungan pribadi, langkah tersebut di sambut gembira oleh Suporter sepak bola.

Pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024 ini membuat Indonesia selangkah lagi bisa lolos ke Olimpiade 2024 Yang diselenggarakan di Paris.